Jumat, 11 Februari 2011

Cara Membuat Blog

Dewasa ini jumlah blog dan narablog (blogger) semakin meningkat pesat. Salah satu pemicunya diantaranya adalah banyaknya para blogger senior yang menceritakan tentang kisah kesuksesan mereka menghasilkan banyak uang dari sebuah blog sehingga merangsang minat para newbie untuk mengejar apa yang telah para senior raih. Hal ini difasilitasi dengan banyaknya tutorial-tutorial gratis di internet tentang bagaimana cara membuat blog dan bagaimana cara menghasilkan dollar dari sebuah blog.

Pada kesempatan ini saya tak akan memberikan tutorial bagaimana menghasilkan uang dari sebuah blog dan seluk beluknya. Tapi, hanya share bagaimana cara membuat blog ! Karena tujuan ngeblog itu banyak sekali, tidak serta merta hanya berorientasi ke bisnis saja.

Dalam pemahaman saya, ada dua jenis blog yang banyak bertebaran di dunia maya. Yaitu blog geratisan dan blog berbayar.

Contoh blog gratisan : Misal anda ingin membuat blog dengan nama salam. Maka, nama yang mungkin untuk dibuat biasanya menggunakan subdomain (domain level ketiga). Misal lionelsalam.blogspot.com, salamuddin.blogdetik.com, salamuddindotcom..wordpress.com, dll. Maksudnya gratis di sini adalah kita bebas untuk mendaftar, menulis artikel, mengubah tampilan blog, dll tanpa dibebani biaya-biaya. Atau istilah kasarnya “numpang” pada penyedia blog gratis. Download daftar penyedia blog gratis.

Contoh nama domain TLD (Top level domain) diantaranya .biz .com .edu .gov .info .int .mil .name .net .org .asia, dll.

Di lain itu dapat juga menggunakan domain dan hosting gratis yang banyak bertebaran di internet. Download daftar penyedia domain dan hosting gratis.

Pengertian domain : Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Pengertian hosting : Web Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar, video, data email, statistik, database dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di website.

Dari uraian di atas, saya hanya mencoba menjelaskan bahwa untuk membangun sebuah blog diperlukan nama domain dan hosting, terlepas apakah itu cuma “numpang” atau modal sendiri.
Panduan Cara Membuat Blog Gratisan dan Blog Modal Sendiri

Nah, apakah sekarang anda sudah punya gambaran mau membangun sebuah blog gratisan dengan memanfaatkan jasa penyedia blog gratis atau blog berbayar (mengeluarkan modal) ?

Saya akan mencoba memberikan tutorial secara berurutan biar anda tidak puyeng. :D

Berikutnya saya akan menjelaskan bagaimana,
1. Cara membuat blog gratis diwordpress.com
2. Cara membuat blog gratis di blogdetik.com
3. Cara membuat blog gratis di dagdigdug.com
4. Cara membuat blog gratis di blogger.com

Juga bagaimana membangun sebuah blog berbayar (modal sendiri) menggunakan CMS wordpress. Contohnya adalah seperti blog saya ini lionelsalam.blogspot.com. Pantau tiap hari artikel ini dan tunggu update selanjutnya.

Semoga bahasan mengenai cara membuat blog ini dapat bermanfaat bagi para pemula yang ingin membengun sebuah blog pribadinya.

0 komentar:

Posting Komentar